Breaking News

Kampung Mural Anti-Kecelakaan di Rembang Catatkan Rekor MURI

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id/ Rembang – Satlantas Polres Rembang yang bekerja sama dengan Sanggar Pesisir akhirnya berhasil mencatatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam kategori kampung mural keselamatan atau anti-kecelakaan lalu-lintas (Lantas).

Satlantas Polres dan Sanggar Pesisir menjadikan jalan sepanjang sekitar 500 meter di kawasan Tembok Malang Jalan dr Wahidin Rembang Kota sebagai sasaran mural ratusan pelajar SMA sederajat di Kabupaten Rembang.

Keduanya menjadi inisiator digelarnya lomba mural di kawasan Tembok Malang dengan tema keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu-lintas. Sebanyak 20 tim dari 19 sekolah meramaikan perlombaan mural tersebut.

Mereka beradu kreatif mencoretkan karya seni di atas tembok dengan berbagai pesan keselamatan dan ketertiban lalu-lintas. Sebagian peserta membuat mural dengan menggambarkan larangan menggunakan ponsel sata berkendara. Sebagian lainnya membuat mural dengan menggambarkan pentingnya penggunaan helm.

Aksi yang dilakukan oleh ratusan pelajar kreatif tersebut pada akhirnya diganjar penghargaan rekor oleh MURI. Penghargaan tersebut diserahkan oleh perwakilan MURI kepada Kapolres Rembang, AKBP Pungky Bhuana Santoso, Sabtu (17/3) malam.

Kasatlantas Polres Rembang, AKP Ariakta Gagah Nugraha menyatakan, latar belakang digelarnya lomba mural keselamatan lalu-lintas di Tembok Malang lantaran di lokasi itu kerap dijadikan ajang balapan liar.

Balapan liar yang dilakukan oleh oknum kawanan pemuda itu tentu saja mengganggu kenyamanan dan mengancam keselamatan pengendara. Oleh karena itu bertepatan dengan digelarnya operasi keselamatan 2018, Satlantas menggelar lomba mural keselamatan lalu-lintas di lokasi dengan peserta kalangan pelajar.

Latar belakang kami adalah di sana selama ini kerap dijadikan lokasi balapan liar. Maka, kami perlu menyampaikan pesan keselamatan berkendara kepada siapa saja. Cara yang kami lakukan adalah menggelar lomba mural keselamatan lalu-lintas dengan peserta pelajar, jelas Ariakta.

Perlombaan sendiri berhasil dijuarai tim dari SMK Umar Fatah. Sedangkan peringkat kedua dan ketiga masing-masing ditempati oleh SMAN 1 Sale dan SMKN 1 Rembang. Selanjutnya SMAN Rembang, SMAN 1 Sumber dan SMA NU Lasem mendudukui peringkat 4 sampai 6.

 

Lihat juga artikel berikut