Breaking News

Tim Penjinak Bom Ubek – Ubek Luar Dalam Jelang Kebaktian Natal di Gereja Kristen Jawa Rembang

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id/ Rembang – Petugas penjinak bom dari Brimob Pati menggelar sterilisasi, sebelum perayaan kebaktian Natal berlangsung di sejumlah gereja di Kota Rembang diantaranya di gereja Kristen jawa yang dipimpin oleh Iptu Sunarto, Senin pagi  (25/12/2017).

Kapolres Rembang AKBP Pungky Bhuana Santoso, SH,SIK, Msi  menjelaskan keterlibatan anggota Brimob tersebut merupakan salah satu standar operasional prosedur (SOP) yang harus dijalankan oleh setiap Polres. Hal itu untuk mengantisipasi kemungkinan teror bahan peledak yang ingin mengacaukan perayaan Natal.

Pemeriksaan meliputi bagian luar maupun dalam gereja. Ia mencontohkan di Gereja Katholik Santo Petrus Dan Paulus Jl. Diponegoro serta Gereja Kristen Indonesia (GKI) Jl. Kartini Rembang kemaren . Mulai tempat sampah, pot – pot bunga, pohon natal, tempat kursi jemaat hingga altar dicek semua. Khusus di kota Rembang, rata – rata Misa Natal diadakan Minggu malam, sedangkan untuk hari ini Senin pagi ini sterilisasi juga dilaksanakan di gereja Kristen jawa karena hanya sebagian gereja yang masih ada kebaktian.

Sterilisasi kita gelar sebelum Misa atupun perayaan kebaktian natal . Begitu Misa ataupun perayaan kebaktian natal tiba, barang bawaan pengunjung kami cek. Tas diperiksa pakai metal detector. Mohon hal ini bisa dimaklumi. Pengetatan demi kebaikan bersama, untuk mengantisipasi kerawanan teror,  kata AKBP Pungky

Kapolres Rembang menambahkan total aparat kepolisian yang dikerahkan dalam Operasi Lilin Candi tahun ini sebanyak 202 personel, kemudian dibackup oleh anggota Kodim, Dishub , tim medis dan Satpol PP. Untuk mendekatkam pelayanan, pihaknya mendirikan Pos Pelayanan di depan kantor Bupati Rembang. Menurutnya, secara umum perayaan Natal di Kabupaten Rembang cukup kondusif.

Kalau gereja – gereja kecil di pelosok kecamatan, aparat Polsek yang turun tangan menghandle. Pengamanan ini menjadi satu rangkaian dengan perayaan malam Tahun Baru 2018. Sejauh yang kami pantau, belum ada gangguan mencolok. Do’akan semoga semua aman,  imbuhnya.

 

Lihat juga artikel berikut