Breaking News

Saberpungli Rembang Akan Selidiki Seleksi Perangkat Desa yang ‘Main-main

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id/ Rembang -Satuan Bersih Pungutan Liar (Saberpungli) bakal blusukan ke desa-desa untuk menyelidiki dugaan praktik pungutan liar yang dilakukan dalam momentum seleksi perangkat desa yang telah dilaksanakan belum lama ini.

Ketua Saberpungli Rembang, Kompol Pranandya Subiyakto, SH,M Hum mengaku meskipun hingga saat ini pihaknya tidak menerima laporan secara resmi soal pungli yang terjadi dalam seleksi perangkat Desa, namun pihaknya telah mendapatkan banyak informasi dari masyarakat yang mengeluh melalui media social (14/12).

Memang benar Saberpungli belum menerima aduan dari masyarakat terkait dengan hal tersebut. Namun demikian kami tidak akan tinggal diam,” paparnya.

Beberapa informasi diakui Pranandya telah dikantonginya. Nantinya bakal ada tim yang ikut memantau dan blusukan ke desa-desa yang kemarin sempat menyelenggarakan seleksi perangkat Desa.

Kami tetap melakulan upaya penyelidikan dengan adanya info yang kami kantongi. Apabila ada indikasi dan terbukti ada pungli akan kami proses,” tuturnya.

Adapun proses seleksi perangkat desa yang diselenggarakan di 232 Desa se Kabupaten Rembang. Dalam seleksi tersebut hanya terdapat 562 lowongan yang kosong, namun pendaftar mencapai 3.343 orang.

Usai seleksi dilaksanakan, banyak para peserta seleksi maupun warga yang mengeluhkan netralitas pihak Pemerintah Desanya masing-masing dalam menjaring perangkat baru. Padahal, dalam seleksi tersebut mayoritas desa menggandeng pihak ketiga untuk meminimalisir konflik.

Untuk itu saya menghimbau kepada masyarakat berkenan untuk memberi informasi kepada Tim Saberpungli. Syukur-syukur kalau ada datanya sekalian, sehingga kami bisa langsung tindak lanjuti,” pungkas Kompol Pranandya

 

Lihat juga artikel berikut