Breaking News

Satlantas Polres Rembang Siap Menggelar Operasi Zebra Candi 2017

Tribratanews.rembang.jateng.polri.go.id/ Rembang – Sat Lantas Polres Rembang siap menggelar Oprasi Zebra Cabdi 2017 terhitung tanggal 01 sampai dengan 14 Nopember 2017 .  Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Rembang, AKP Ari Akta Gagah Nugraha, SIK,MH, Selasa pagi (31/10/2017) menjelaskan dalam operasi tersebut, pihaknya membagi 50 % untuk penindakan, sedangkan 50 % lainnya dalam bentuk giat pencegahan dan upaya persuasif. Kalau jenis pelanggaran membahayakan keselamatan diri maupun orang lain, maka tetap akan ditindak. Operasi Zebra Candi merupakan langkah pihak kepolisian melakukan cipta kondisi, menjelang perayaan Natal dan tahun baru.

Jadi kami tidak melulu menilang, tapi anggota juga menyampaikan himbauan dan peringatan. Mulai hari Rabu, tanggal 01 November operasi akan dimulai. Kenapa jauh – jauh hari dilaksanakan, biar pas perayaan Natal dan tahun baru nanti, kedisiplinan lalu lintas lebih baik serta mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas,  jelasnya.

AKP Ari Akta Gagah Nugraha,SIK, MH menambahkan dari hasil pantauan di sejumlah lokasi, pelanggaran lalu lintas pengguna jalan paling mencolok seperti tidak memakai helm dan sarana kendaraan yang tidak lengkap. Ia mencontohkan, kesadaran mengenakan helm masih rendah di pelosok pedesaan. Alasannya, karena bepergian jarak dekat, sehingga cenderung menyepelekan. Padahal dengan kondisi tersebut, rawan memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Pemasangan spion misalnya, sering kali kami jumpai ukurannya sangat kecil. Lha itu lihat arus lalu lintas di belakang apa bisa. Kemudian pengendara motor tidak pakai helm, alasannya mau ke lokasi yang deket – deket. Ke Masjid, ke pasar, kemudian ke sawah. Kalau lokasinya di pinggir jalur Pantura, dengan intensitas kepadatan kendaraan seperti itu, tetap saja beresiko. Kita inginnya tidak perlu menindak, tapi masyarakat bisa memahami sendiri bahwa helm adalah kebutuhan, “ imbuhnya.

Anggota polisi asli Semarang berusia 31 tahun ini menekankan kepada anggotanya untuk bersikap humanis selama Operasi Zebra Candi. Targetnya, setelah giat operasi, kesadaran mematuhi aturan lalu lintas semakin meningkat

 

Lihat juga artikel berikut