Pastikan Kondisi Lengkap dan Sehat, Pawas Polres Rembang Rutin Kontrol Ruang Tahanan

Tribratanewsrembang.com/– Piket Pawas  Polres Rembang, Polda Jawa Tengah Ipda Suko bersama Anggota Si Propam, anggota jaga tahanan  serta piket fungsi reskrim melaksanakan giat pengecekan ruang tahanan untuk mengantisipasi kaburnya tahanan dan adanya barang berbahaya di dalam tahanan maupun kondisi ruang tahanan, Minggu (4/6/2017).

Dalam pelaksanaannya, Pawas melaksanakan pengecekan mulai dari jumlah tahanan, kondisi kesehatan para tahanan hingga melaksanakan pengecekan dimasing-masing ruang tahanan guna mengecek jika ada barang-barang yang dilarang berada didalam ruang tahanan misalnya pisau, silet atau sejenisnya, tali, korek api serta barang-barang lain yang dapat membahayakan jiwa para tahanan maupun petugas jaga.

Hal ini merupakan kegiatan Rutin yang Wajib dilaksanakan oleh seluruh Pawas  yang melaksanakan piket.

Pengecekan ini dilaksanakan sehingga tahanan selalu dalam kondisi sehat, serta meminimalisir terjadinya tahanan yang berusaha kabur ataupun tahanan yang bunuh diri.

Pada saat pengecekan hari ini, jumlah tahanan yang berada di Rutan Polres Rembang berjumlah 19 orang dalam keadaan sehat. Selain itu, dalam pengecekan tersebut tidak ditemukan barang -barang terlarang berada di dalam ruang tahanan.

Pawas memberikan penekanan kepada petugas jaga tingkatkan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas jaga tahanan, cek dan kontrol tahanan setiapa jam sesuai SOP. Laporkan segera kepada pimpinan bila terjadi masalah dengan tahanan, serta tetap jaga kebersihan ruang tahanan.

Sementara itu Kapolres Rembang AKBP Sugiarto, S.H., S.I.K., M.Si menambahkan bahwa kegiatan pengecekan ruang tahanan dan pemeriksaan sistem keamanan ruang tahanan oleh anggota Polres Rembang merupakan kegiatan rutin yang wajib dilakukan setiap saat oleh petugas jaga agar tercipta suatu keadaan yang aman dan kondusif.