Polsek Kaliori Polres Rembang Press Release Penemuan Uang Koin yang Diperkirakan Emas

 
Tribranewsrembang.com/-Rembang-Kepolisian Sektor (Polsek) Kaliori Polres Rembang , hari senin sore (3/4/2017) menggelar Press Release penemuan uang koin  yang diperkirakan emas buatan tahun 1900an, yang ditemukan di sawah turut tanah desa Meteseh, kecamatan Kaliori kabupaten Rembang Uang koin yang ditemukan oleh warga desa Mojorembun, kecamatan Kaliori yang bernama Diman (60 tahun) itu dengan berat sebanyak 6 kilogram.
Penemu uang koin Diman mengatakan uang koin itu ditemukan ketika ia mencangkul sawah untuk pembenihan padi di sawah sewaannya, pada hari senin (27/3) sekitar jam 3 sore. Ketika kedalaman mencapai setengah meter ternyata terdapat tumpukan koin uang kuno, lalu uang dikumpulkan dibawa pulang. 
Diman menambahkan setelah dibawa pulang, karena menurut tetangganya bukan uang melainkan ring dan karena tuntutan kebutuhan yang mendesak akhirnya uang dijual untuk membeli beras. Uang koin itu dibeli oleh penjual rongsok senilai 30 ribu rupiah per kilogramnya.
“,Karena Saya terdesak kebutuhan, uang koin itu saya jual di tempat penjualan rongsokan dan dibeli tukang rongsok asal dusun Dersan, desa Sekarsari, kecamatan Sumber”Ucap Diman
Kapolres Rembang AKBP Sugiarto,SH,SIK,M.Si melalui Kapolsek Kalioro AKP Sukiyatno,SH,M.Hum mengatakan  setelah diterima informasi penemuan uang dari masyarakat dan anggota kepolisian di lapangan, pihaknya memerintahkan Unit Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polsek Kaliori untuk melakukan penyelidikan di lapangan.
Dari hasil  penyelidikan dan pengecekan di lapangan, uang koin sudah beralih ke kecamatan Sumber. Uang sudah berpindah ke kecamatan Jaken, kabupaten Pati. Dari hasil penyelidikan uangpun akan dijual lagi ke luar daerah. Namun karena kesigapan petugas pada hari Jum’at (28/3/2017) uang koin diminta dan disita oleh petugas, akhirnya uang tidak jadi dibawa ke luar daerah.
Kapolsek Kaliori mengatakan  dari hasil penyelidikan, penjualan uang koin kuno itu tidak ada motivasi pidana melainkan untuk mendapatkan uang karena dijual ke penjual rongsok ke penjual rongsok.
Polsek Kaliori sudah berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) kabupaten Rembang, Namun sampai pukul 11.50 Wib tidak ada petugas dinas yang datang ke Polsek Kaliori.