Breaking News

Kapolres Rembang Buka Paparan Quick Respon Ambulance Pertolongan Pertama Kecelakaan Lalulintas

Tribratanewsrembang.com/-Sebagai wujud implementasi Polmas pada fungsi Satuan lalu lintas salah satunya membangun kesetiakawanan /solidaritas dalam penanganan korban laka lantas . Hari ini setelah pelaksanaan apel bersama quick respon mobil ambulance Dinas Kesehatan, Puskesmas se-Kab. Rembang dengan Polres Rembang dalam rangka Ops Simpatik 2017 . Pada Pukil 08.20 wib bertempat di Aula pertemuan Dinas Kesehatan kab. Rembang Jl. Kartini no. 09 Rembang dilaksanakan “Paparan quick respon ambulance pertolongan pertama kecelakaan lalu lintas satlantas dan puskesmas se-kab rembang” oleh Sat Lantas Polres Rembang yang dihadiri sekitar 40 orang terdiri dari Kapolsek jajaran Polres Rembang dan Kepala Puskesmas se-Kab. Rembang.
Kegiatan ini dilakukan karena diwilayah Kab. Rembang dilintasi jalur pantura / nasional yang padat arus kendaraan , apabila terjadi kecelakaan lalu lintas dibutuhkan pertolongan yang cepat dalam penanganannya , sedangkan sampai saat ini Sat Lantas Polres Rembang belum memiliki armada ambulance atupun para medis yang memadai untuk penenganan pertama korban laka – lantas .
Kapolres Rembang AKBP Sugiarto, SH, Sik, Msi.membuka kegiatan tersebut dan menyampaikan Ucapan syukur kepada Allah swt yang telah memberikan kesehatan sehingga kita bisa berkumpul pada pagi ini . Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mensinkronkan (menyamakan persepsi) dan terjalinnya komunikasi antara pihak puskesmas dengan polri utamanya adalah ditingkat kecamatan antara pihak kepolisian tingkat polsek dengan pihak puskesmas, setelah adanya komunikasi yang baik antara pihak kepolisian dan puskesmas se kab rembang diharapkan nantinya apabila ada kecelakaan lalu lintas diwilayah kecamatan bisa cepat ditolong sehingga bisa menekan angka kematian akibat kecelakaan. Harapanya pada moment operasi simpatik candi 2017 dan setelahnya adalah untuk kita sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas dengan menjadikan diri kita untuk mentaati segala peraturan perundang undangan lalu lintas yang berlaku.
Setelah kegiatan dibuka oleh Kapolres dilanjudkan dengan Paparan Kasat Lantas Polres Rembang AKP M Rikha Zulkarnain,SIK.SH.MH . Paparan tentang penanganan pertama laka lantas, dengan materi anev lakalantas bulan Januari 2017 dngan Pebruari 2017 yang mengalami penurunan 12% serta trend perbandingan lakalantas tahun 2015 dengan tahun 2016 yang mengalami kenaikan sebesar 12%. Peta daerah rawan laka lantas berdasarkan kejadian lakalantas bulan Januari dan Pebruari 2017 yang menunjukkan wilayah kecamatan Rembang masing mendominasi kejadian lakalantas.Anev Dakgar Lantas pada bulan Januari 2017 dan Pebruari 2017 yang mengalami kenaikan sebesar 0,4% . Sat Lantas Polres Rembang juga melakukan upaya-upaya dalam mencegah lakalantas, yaitu :Dengan pemasangan mobil Polisi portable di daerah rawan laka, Penindakan pelanggaran potensi laka yang berakibatkan korban massal/fatalitas korban, pembinaan pelajar secara terprogram melalui Irup dan Dikmas Lantas di sekolah – sekolah , Program Da’i keselamatan di Masjid yang melaksanakan tentang ceramah Kamtibmas, Menandai jalan berlubang dengan cat semprot/pilox sebagai peringatan kepada pemakai jalan dan Binluh club motor dan membentuk komunitas korban lakalantas. Papar Kasat Lantas
Diperlukan juga Puskesmas dalam PPGD lakalantas antara lain jarak yang jauh antar kecamatan, Polsek, Polres dan rumah sakit, Waktu tempuh menuju TKP lakalantas memerlukan kecepatan untuk segera melakukan pertolongan pertama, puskesmas sebagai ujung tombak pertolongan medis kepada masyarakat yang membutuhkan kearena berada di setiap kecamatan serta meminimalisir fatalitas korban lakalantas dengan adanya pertolongan pertama.
Menuju Indonesia bersatu Keselamatan nomor 1

Lihat juga artikel berikut