Breaking News

Coaching Clinik Peran Dan Fungsi Labfor Dalam Membantu Penyidikan Tindak Pidana di Polres Rembang

Tribratanewsrembang.com/- Inafis berperan penting dalam mengidentifikasi seseorang melalui cara ilmiah pemeriksaan sidik jari. Polisi Inafis hampir selalu dilibatkan dalam proses penyelidikan kejahatan.”Fungsi Inafis sama dengan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) yaitu satuan kerja di bawah Bareskrim Mabes Polri sebagai bantuan teknis penyidik dalam rangka penyelidikan dan penyidikan tindak pidana,” ujar Kanit Identifikasi Polres Rembang Ipda Agus Saptono , di acara , COACHING CLINIC Senin (30/1/2017). Yang dilaksanakan diaula Polres Rembang dan dibuka oleh Kapolres Rembang AKBP Sugiarto,SH,SIK,MSi .
Kegiatan tersebut dalam rangka mengentahui peran dan fungsi labfor dalam membantu penyidikan tindak pidana di Polres Rembang maupun Polsek Jajajran Polres Rembang serta dapat di ketahui oleh para Kapolsek jajaran penyidik , penyidik pembantu sat reskrim, dan kanit reserse polsek dalam melakukan penyidikan.
Dengan adanya Coaching Clinic semua para penyidik dapat mengetahui peran dan fungsi masing-masing dalam melakukan tugas baik dilapangan dan dalam administrasi penyidikan sehingga menunjang tugas kepolisian dalam meyelesaikan sautu kasus perkara.
.
Acara diisi dengan penggunaan mambis . Dengan MAMBIS ini, akan dilakukan proses pencarian data, baik bersifat lokal maupun global, yang terhubung langsung ke data kependudukan dan catatan sipil nasional
Acara yang dihadiri oleh Kapolsek Jajaran Polres Rembang, Penyidik, Penyidik Pembantu dan Kanit Reskrim Polsek jajaran Polres Rembang . Dalam kepentingan pengungkapan kejahatan, tujuan dilibatkannya Inafis adalah mengamankan sidik jari yang menempel di tempat kejadian perkara (TKP). Dalam hal bencana alam, Inafis diperlukan untuk mengidentifikasi korban tanpa identitas atau yang wajahnya sudah tak bisa dikenali.”Kalau ada bencana alam, kita bisa gunakan alat yang kita punya untuk mengidentifikasi korban menggunakan alat MAMBIS.
MAMBIS atau Mobile Automatic Multi Biometric Identification System, alat hitam yang bentuknya seperti mesin gesek kartu kredit. Alat tersebut dapat mengidentifikasi data diri seseorang kurang dari satu menit, asalkan orang yang diambil sidik jarinya sudah terdaftar di elektronik KTP atau e-KTP. Alat ini terintegrasi dengan basis data e-KTP.”Cara identifikasi dengan MAMBIS hanya untuk yang punya e-KTP. Kalau sudah buat e-KTP, akan teridentifikasi langsung dalam waktu yang nggak sampai semenit,”Alat MAMBIS, hanya tersedia di markas kepolisian setingkat polres ke atas. Ia mengimbau kepada masyarakat menemukan orang terlantar atau mayat tanpa identitas, untuk segera melapor ke Kantor Polisi setempat,

+4

Lihat juga artikel berikut