Breaking News

Operasi Zebra candi 2016 Di Rembang Didominasi Pelanggaran tidak menggunakan Helm

Tribratanewsrembang.com/-Rembang,Jawa Tengah,Pelaksanaan operasi zebra 2016, sudah berakhir Selasa (29/11/2016) malam lalu. Dalam pelaksanaan operasi tersebut, total terdapat 2067 pelanggaran. Helm menjadi pelanggaran dominan dilakukan pengendara yang terjaring razia.
Berdasarkan data dari Satlantas Polres Rembang, total terdapat 1.138 pengendara yang ditilang lantaran tidak menggunakan helm saat berkendara. Mereka berasal dari empat belas kecamatan yang menjadi sasaran razia.
Selain helm, pelanggaran lainnya yang terjadi dalam pelaksanaan operasi zebra 2016 adalah melawan arus lalu-lintas dan mencapai 235 kejadian. Selain itu, pelanggaran kelengkapan berkendara juga cukup banyak dengan rincian, tidak menggunakan sabuk pengaman 173 kasus, menerobos rambu/marka 514 kasus serta knalpot yang tidak sesuai 514 kasus.
Kapolres Rembang AKBP Sugiarto,SH,SIK,M.Si melalui Kasat Lantas Polres Rembang AKP Rikha Zulkarnaen mengatakan “Dalam operasi zebra tahun ini, kami juga memberikan teguran kepada 400 pengendara, karena berbagai pelanggaran. Untuk angka kecelakaan selama operasi, tercatat 13 kasus dengan luka ringan mencapai 17 orang dan rugi material Rp 10,2 juta. Itu sudah termasuk menurun,”
hasil operasi zebra 2016 ini menjadi salah satu patokan bahwa pengendara di Rembang masih belum memiliki kesadaran menggunakan kelengkapan berkendara. Sebab, helm semestinya adalah kelengkapan kasat mata yang setiap pengendara harusnya bisa selalu mengingatnya.
“Hasil dari kegiatan selama 14 hari ini akan kami evaluasi, mana yang perlu dikaji untuk dikeluarkan menjadi sebuah kebijakan. Kebanyakan pelanggaran terjadi di wilayah kecamatan yang selama ini jarang mendapatkan sosialisasi lalu lintas ungkap Kasat Lantas Polres Rembang.

Lihat juga artikel berikut