Breaking News

Polres Rembang Mulai Petakan Daerah Rawan Gangguan

Tribratanewsrembang.com/ Rembang ,Jawa Tengah polres Rembang mulai melakukan pemetaan terhadap wilayah yang memiliki potensi tinggi terjadinya gangguan keamanan menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, 30 November 2016 mendatang.

Pemetaan daerah rawan gangguan itu dianggap penting lantaran banyak desa yang memiliki calon Kades lebih dari dua orang. Sehingga potensi gesekan antarpendukung perlu dilakukan deteksi dini oleh kepolisian.

Kapolres Rembang AKBP Sugiarto,SH,SIK,M.Si jumat (11/11/2016) mengatakan, desa penyelenggara Pilkades serentak yang berpotensi gangguan relatif sedikit. Berdasarkan pemetaan awal, hampir seluruh desa penyelenggara Pilkades ditengarai aman. Salah satu desa yang saat ini dalam pantauan adalah Kajar Kecamatan Gunem.

“Meskipun hasil pantauan sementara kondisi desa penyelenggara Pilkades aman, namun kami tidak boleh meremehkan. Apa pun kondisinya kami tetap melaksanakan kegiatan untuk mencegah gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas),” jelas Kapolres Rembang.

Menurutnya, berbagai upaya preventif terus dilakukan kepolisian untuk menciptakan kondusifitas desa penyelenggara Pilkades serentak. Selain mengintensifkan patroli di sejumlah wilayah yang ditengarai rawan, kepolisian juga melakukan penyuluhan dan pembinaan terhadap masyarakat.

Terkait pengamanan, Mapolres sudah memastikan akan menerjunkan sebanyak 242 anggotanya untuk Pilkades serentak. Jumlah tersebut belum termasuk bantuan dari personel TNI Kodim 0720 Rembang.

“Anggota sudah mulai siaga sepekan sebelum pelaksanaan Pilkades serentak. Dua hari menjelang pelaksanaan, anggota sudah kami tempatkan di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya,” ujarnya.

Lihat juga artikel berikut