Breaking News

Kapolres Rembang Pimpin Apel Gelar Kekuatan dan Perlengkapan Sar Polres Rembang

Tribratanewsrembang.com/- Rembang,Jawa Tengah, bertempat di Halaman Polres Rembang hari Selasa ( 11/10/2016) pukul 08.00 wib Guna mengantisipasi datangnya bencana yang disebabkan cuaca ekstrem dilaksanakan Apel Gelar Kekuatan dan perlengkapan Polres Rembang SAR Polres Rembang.
Bertindak sebagai pimpinan apel Kapolres Rembang AKBP Sugiarto,SH,SIK,M.Si.
yang dihadiri oleh Wakapolres,Para Kabag,Kasat,Kasi dan Anggota Polres Rembang.
Dalam apel tersebut Kapolres Rembang mengatakan Apel gelar kekuatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengecek kesiapsiagaan anggota Polri, Selain itu, untuk mengecek perlengkapan yang akan digunakan dalam menghadapi bencana alam khususnya bencana tanah longsor dan banjir.
Kesiapan personel, maupun peralatan harus benar-benar diperhatikan. Jika ada bencana, bisa segera diterjunkan ke lapangan untuk melakukan langkah-langkah penanganan.
“Kita laksanakan apel ini sejatinya adalah mengecek kesiapan, baik itu personel maupun sarana prasarana tanggap bencana. Termasuk sistem dan mekanisme kerjanya,” kata Kapolres
Kesiapan personel ada berapa, siapa saja, punya peralatan apa saja, itu harus siap semua jika dibutuhkan. Sekaligus mengevaluasi langkah-langkah tanggap bencana yang sudah dilakukan sebelumnya.
“Cek kesiapan sarpras untuk meyakinkan semuanya dalam keadaan ready to use. Jangan sampai secara teori siap, tetapi pada praktiknya nanti ketika terjadi bencana, ternyata personel tidak siap, peralatan tidak bisa digunakan, dan sebagainya,” tegas Kapolres rembang.
Maka dari itu, kata Kapolres, semua persoalan yang dihadapi baik itu personel maupun peralatan mesti segera dituntaskan. Semua personel terkait penanggulangan bencana juga harus memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing. “Supaya klir semua. Kalau terjadi bencana, siapa orang yang harus dihubungi, lalu bagaiman teknis ke bawahnya. Personel-personel yang ditugaskan di lapangan harus memahami tugas dan tanggung jawab pada tataran teknis. Selalu lakukan pengecekan. Lakukan latihan-latihan secara berulang untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan teknis personel,” imbuhnya.

Lihat juga artikel berikut